Search

Bank Dunia: RI Kalah dari Malaysia Soal Penggunaan TI di Bisnis - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Laporan World Bank atau Bank Dunia bertajuk "World Bank East Asia and Pacific Economics Update: Weathering Growing Risk" mencatat bahwa adopsi teknologi dan informasi atau TI di Indonesia, khususnya di sektor bisnis, masih kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia. Indonesia bahkan kalah jauh dengan Thailand dan Singapura.

Singapura misalnya, mencatatkan skor mendekati 0,90, yang mana angka 1 menunjukkan paling baik. Sedangkan Thailand menyusul dengan skor mendekati 0,70. Adapun Indonesia masih kalah tipis dari Vietnam hanya mampu mencatatkan skor sekitar 0,45.

Secara keseluruhan, skor Digital Adoption Index (DAI) Indonesia hanya mampu unggul dari negara seperti Kamboja dan Laos. Masing-masing negara itu memiliki skor 0,40 dan 0,25.

Adapun laporan yang ada dalam DAI itu membagi penerapan teknologi ke dalam tiga sektor. Ketiganya, yakni sektor pemerintah, bisnis dan juga masyarakat. Menurut laporan tersebut, skor adopsi teknologi paling besar dilakukan pemerintah, masyarakat dan terakhir oleh sektor bisnis.

Di sektor bisnis, penggunaan teknologi di Indonesia pun tertinggal jauh dari Singapura sekitar 0,7. Menyusul di belakangnya adalah Thailand, Malaysia kemudian Indonesia.

Bank Dunia menulis meski secara umum tingkat penggunaan teknologi negara di ASEAN tinggi namun, di sektor bisnis angkanya justru kecil. Bank Dunia menduga kecilnya adopsi teknologi di sektor bisnis tersebut terjadi karena adanya gap antara perusahaan besar dengan usaha kecil seperti UMKM.

"Selain kesenjangan digital antara perusahaan besar dan kecil, faktor lain termasuk kurangnya digital yang diperlukan keterampilan atau ketersediaan terbatas dari internet yang terjangkau," tulis Bank Dunia dalam laporan tersebut.

Let's block ads! (Why?)



"kalah" - Google Berita
October 12, 2019 at 08:28PM
https://ift.tt/326febA

Bank Dunia: RI Kalah dari Malaysia Soal Penggunaan TI di Bisnis - Bisnis Tempo.co
"kalah" - Google Berita
https://ift.tt/2HDpIXQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bank Dunia: RI Kalah dari Malaysia Soal Penggunaan TI di Bisnis - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.