Search

Indonesia Kalah Soal TI dari Malaysia, Ini Kata Tokopedia - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Laporan World Bank atau Bank Dunia yang bertajuk "World Bank East Asia and Pacific Economics Update: Weathering Growing Risk" mencatat bahwa adopsi teknologi dan informasi (TI) di Indonesia, masih kalah dari negara tetangga seperti Malaysia. Menanggapi hal ini, Recruitment and Employer Branding Senior Lead Tokopedia, Fitri Naviati, menyebut bahwa saat ini pemerintah tengah berfokus dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor science and technology.

"Pemerintah Indonesia tengah berfokus mengembangkan skill pelajar Indonesia pada sektor teknologi informasi. Hal ini ditengarai oleh meningkatnya kebutuhan SDM yang berkualitas, terutama di bidang TI, di era revolusi industri 4.0," kata dia melalui keterangan tertulis, 15 Oktober 2019.

Fitri mengatakan, pihaknya juga mendukung apa yang menjadi program pemerintah guna meningkatkan kualitas SDM TI dalam negeri hasil studi, kompetisi dan pelatihan serta program magang.

Dia menuturkan, saat ini Tokopedia juga mempunyai pelatihan, program magang dan beasiswa yang diberikan kepada anak muda ASEAN, yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, agar mempunyai daya saing pada sektor ini.

"Berbagai program yang dihadirkan Tokopedia dalam menemukan serta mengembangkan talenta muda antara lain Tech A Break, Product Design Academy, pelatihan intensif dan kompetisi hackathon DevCamp, serta Tokopedia Scholarship," ucapnya.

Fitri mengatakan, saat ini sudah ada 5 ribu orang yang bekerja di Tokopedia, dan 900 orang tergabung pada divisi teknologi informasi perusahaan teknologi itu. Ia membenarkan ada yang berasal daei luar negeri, namun porsinya sangat kecil sekali jika dibandingkan jumlah SDM dalam negeri.

Tokopedia optimistis, perkembangan perusahaan teknologi di Indonesia yang sangat pesat akan berbanding lurus dengan kebutuhan SDM TI. Namun, Fitri menegaskan, bahwa Tokopedia tidak hanya melihat dari kemampuan teknis, tetapi juga harus mempunyai soft skill yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Sebelumnya, laporan Bank Dunia menyebut bahwa skor Digital Adoption Index (DAI) Indonesia hanya mampu unggul dari negara seperti Kamboja dan Laos. Masing-masing negara itu memiliki skor 0,40 dan 0,25.

EKO WAHYUDI l DIAS PRASONGKO

Let's block ads! (Why?)



"kalah" - Google Berita
October 16, 2019 at 12:52PM
https://ift.tt/2MmbeOM

Indonesia Kalah Soal TI dari Malaysia, Ini Kata Tokopedia - Tempo.co
"kalah" - Google Berita
https://ift.tt/2HDpIXQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Kalah Soal TI dari Malaysia, Ini Kata Tokopedia - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.