Search

Sindir Pemda, Jokowi: Kalau Paham, RI Tak Kalah dari Vietnam - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi mewanti-wanti kepada kepala daerah untuk memperlancar proses perizinan usaha di daerahnya masing-masing.

Ini karena setiap investasi yang masuk akan menciptakan lapangan kerja dan nilai tambah di dalam negeri hingga Indonesia kuat dalam kegiatan ekspor. Indonesia selama ini kalah dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam dan lainnya.

"Selain membuka lapangan kerja, juga akan mengurangi defisit neraca perdagangan," kata Jokowi dalam paparan Musrenbangnas 2020-2024 di Istana, Senin (16/12).


Sebagai gambaran, total nilai ekspor Indonesia pada Agustus 2019 hanya mencapai US$ 14,2 miliar, sedangkan Vietnam mampu mencapai hampir dua kali lipat sebesar US$ 25,8 miliar.

"Kalau kita semua paham itu, akan mudah sekali. Nggak akan mungkin kita kalah urusan ekspor dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam," katanya.

Jokowi mengatakan pembangunan Industri, apalagi industri yang berorientasi produk ekspor harus didukung penuh oleh pemerintah daerah, agar memberikan perizinan.

"Sudah saya sampaikan, tutup mata, tanda tangan lima menit," katanya. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"kalah" - Google Berita
December 16, 2019 at 12:07PM
https://ift.tt/2YRS3AV

Sindir Pemda, Jokowi: Kalau Paham, RI Tak Kalah dari Vietnam - CNBC Indonesia
"kalah" - Google Berita
https://ift.tt/2HDpIXQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sindir Pemda, Jokowi: Kalau Paham, RI Tak Kalah dari Vietnam - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.