Search

Koperasi Produksi Indonesia Belum Punya Daya Saing, Kalah dari Negara Lain - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki membandingkan koperasi produksi negara lain dengan koperasi di Indonesia

Menurutnya koperasi susu di New Zealand, koperasi gandum di Australia, koperasi pertanian di Belanda telah berhasil mengkorporasikan koperasi.

“Mengapa koperasi Indonesia tidak bisa besar, malah yang tumbuh koperasi simpan pinjam? Karena koperasi produksi kita belum memiliki daya saing dan terlalu mengandalkan simpan pinjam. Di pertanian misalnya mereka bekerja sendiri-sendiri dengan lahan yang sempit.

Tidak menguasai hulu sampai hilirnya, tidak punya industri pengolahannya, juga masalah market belum terbangun dan sebagainya," jelas Teten masduki dalam diskusi sekaligus peluncuran Mohammad Hatta Center (MHC) di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

Baca: Indonesia Akan Tiru Dua Negara Maju Ini Untuk Atasi Kesenjangan Usaha Besar dan Kecil,

Baca: Terungkap, Penyebab Kereta yang Membawa Maruf Amin Dicemooh Oleh Penumpang KRL

Baca: Braman Setyo: Kita Akan Mendorong Entepreuner di Kalangan Mahasiswa dengan Koperasi Kampus

Lebih lanjut, mantan Kepala Staf Kepresidenan itu mengatakan pemerintah mendorong koperasi di Indonesia untuk membangun rumah produksi bersama, berikut mencarikan off taker-nya, agar koperasi bisa tumbuh produktif dan efisien.

Implementasi terwujudnya koperasi produksi dimulai dengan melakukan pilot project di beberapa daerah.

“Kita sudah ke arah sana, untuk beras, kita sudah punya proyek percontohan di Demak Jawa Tengah dimana ada koperasi yang memiliki lahan cukup luas dan kita akan sediakan industri penggilingan padi, sehingga mereka bisa memiliki usaha berskala bisnis," kata Teten.

Adapun di Kendal yang disiapkan sebagai pusat industri furniture untuk koperasi-koperasi produksi di sekitar Jawa Tengah dan di Jawa Barat memproduksi buah-buahan tropis seperti duren, manggis, pisang.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menambahkan kegiatan ekonomi dimulai dari komunitas amatlah sesuai dengan karakter pembinaan usaha mikro, usaha kecil.

"Dibutuhkan langkah bersama untuk memajukan usaha mikro yang jumlahnya mayoritas di negeri ini," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)



"kalah" - Google Berita
February 02, 2020 at 02:08AM
https://ift.tt/2SaIMRK

Koperasi Produksi Indonesia Belum Punya Daya Saing, Kalah dari Negara Lain - Tribunnews
"kalah" - Google Berita
https://ift.tt/2HDpIXQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Koperasi Produksi Indonesia Belum Punya Daya Saing, Kalah dari Negara Lain - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.