Search

Pro-Zulhas soal PAN Reformasi: Partai Dibentuk Gegara Kalah Kongres Buruk - detikNews

Jakarta -

Loyalis Amien Rais, Muhammad Asri Anas mengklaim gerakan PAN Reformasi mendapatkan dukungan dari 6 DPW dan 183 DPD. Bagaimana tanggapan pendukung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) atas klaim itu?

Loyalis Zulhas, Viva Yoga Mauladi, mulanya menjelaskan soal syarat pendirian partai politik. Menurut Viva Yoga, salah satu syaratnya yakni harus memiliki ideologi yang jelas.

"Syarat pendirian partai politik harus didasarkan pada ideologi politik yang jelas, yang menjadi pedoman hidup partai. Kemudian diderivasi ke dalam manifesto atau platform partai, dan terimplementasi dalam bentuk program partai," kata Viva Yoga kepada wartawan, Kamis (12/3/2020).

Viva Yoga mengatakan syarat tersebut mutlak menjadi dasar pendirian partai. Dia meyakini partai yang dibentuk karena alasan pragmatis akan dipandang sebelah mata oleh publik.

"Tapi jika mendirikan partai politik karena alasan pragmatis, misalnya kalah di kongres atau tidak masuk di kepengurusan partai, maka bisa dipastikan image partai politik itu akan terdegrasasi di mata masyarakat," jelasnya.


Viva Yoga berpesan kepada seluruh kader PAN untuk selalu menggunakan akal sehat dalam menyikapi polemik di internal partai. Dia juga berharap para kader tidak terprovokasi dengan tindakan-tindakan yang dapat memecah belah partai.

"Sebaiknya semua kader mawas diri, menjaga akal sehat dan kesadarannya untuk tidak terprovokasi dan terpropaganda dari para petualang politik yang memecah-belah di internal partai," tutur Viva Yoga.


Sebelumnya, isu adanya PAN Reformasi semakin mencuat karena tidak masuknya Amien Rais dalam kepengurusan partai periode 2020-2025. Asri Anas yang menjadi loyalis Amien Rais mengklaim gerakan PAN reformasi didukung oleh 6 DPW dan 183 DPD.

"Sekarang sudah ada 183 DPD, ini barusan dari Aceh ada 13 yang siap, DPW ada 6 yang baru menyatakan. Jadi sekarang pun kita sudah lebih dari 3.000-an kader PAN yang sudah siap bergerak, kalau itu terbentuk ya," kata Asri Anas ketika dihubungi, Rabu (11/3) malam.

(zak/gbr)

Let's block ads! (Why?)



"kalah" - Google Berita
March 12, 2020 at 12:21PM
https://ift.tt/3aOHQKk

Pro-Zulhas soal PAN Reformasi: Partai Dibentuk Gegara Kalah Kongres Buruk - detikNews
"kalah" - Google Berita
https://ift.tt/2HDpIXQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pro-Zulhas soal PAN Reformasi: Partai Dibentuk Gegara Kalah Kongres Buruk - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.