Search

'Kalah Tender Bak Penampung Minyak Pertamina Di Bom Molotov' | Milenial - Gatra

Balikpapan, Gatra.com - Pertamina Refinery Unit (RU) V menggelar simulasi keadaan darurat, Jumat (20/9). Simulasi merupakan level 1, yakni mengenai ancaman bom di wilayah Kantor Besar RU V. Simulasi keadaan darurat ini berlangsung sekitar 1,5 jam. Dimulai dari sirene bergelombang selama tiga menit dan diakhiri dengan sirene berulang secara terus-menerus selama 1 menit, sebagai tanda berakhirnya simulasi.

Kegiatan simulasi keadaan darurat dilaksanakan guna meningkatkan kehandalan dan kesigapan Pertamina dalam menghadapi keadaan darurat. Tidak hanya Pertamina RU V , kegiatan kali ini juga melibatkan beberapa pihak terkait yaitu Pertamina Marketing Operation Region VI, Pertamina Hulu Mahakam, aparat kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

”Kegiatan seperti ini penting sekali agar melatih dan merefresh kembali bagaimana prosedur penanganan saat keadaan darurat dan jika hal emergency terjadi semua pihak dapat dengan sigap melakukan penanganannya," kata General Manager Pertamina RU V Balikpapan Mulyono

Skenario simulasi, terdapat salah satu kontraktor yang sakit hati karena kalah dalam tender. Kemudian yang bersangkutan melakukan sabotase dan teror bom dengan memasukkan bom rakitan ke Kantor Besar RU V, menggunakan tas ransel yang luput dari pemeriksaan petugas sekuriti. Kemudian, pelaku keluar dari kantor besar menuju arah Karang Anyar dan bom api (Molotov) dilemparkan ke arah oil catcher (bak penampung/penangkap minyak) yang berada di Jalan 119, sehingga terjadinya kebakaran.

Selanjutnya, tim fire Pertamina langsung mengirimkan mobil pemadam kebakaran menuju lokasi terjadinya kebakaran. Bersamaan dengan itu, ambulans bersiap dan sekuriti mengamankan lokasi kejadian serta melakukan penutupan jalan minyak dari pintu 5 hingga simpang Kelurahan Karang Anyar.

Belum padam api, ada pihak yang tidak dikenal mengancam adanya bom yang siap meledak berada di kantor besar RU V. Dua kejadian utama, mendorong RU V mendeklarasikan kondisi major emergency dan menyembunyikan sirene bergelombang. Evakuasi pekerja dan masyarakat sekitar RU V dilakukan oleh sekuriti. Direktorat Pam Obvit Polda Kaltim hingga tim gegana turun ke Kantor Besar RU melakukan pengamanan bom.

Simulasi dinyatakan selesai setelah api berhasil dipadamkan. “ Simulasi keadaan darurat hari ini berjalan dengan lancar dan kami berterima kasih dengan semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini berjalan dengan sukses.” tutup Mulyono.


Reporter: Ariyansah
Editor: Rohmat Haryadi


Let's block ads! (Why?)



"kalah" - Google Berita
September 21, 2019 at 04:15AM
https://ift.tt/2V7MwnX

'Kalah Tender Bak Penampung Minyak Pertamina Di Bom Molotov' | Milenial - Gatra
"kalah" - Google Berita
https://ift.tt/2HDpIXQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "'Kalah Tender Bak Penampung Minyak Pertamina Di Bom Molotov' | Milenial - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.